Senin, 04 November 2013

Tuai Kecaman, Lotus Janji Penuhi Gaji Kimi

ABU DHABI – GP Abu Dhabi memang sudah rampung. Kimi Räikkönen pun tetap mengaspal walau gagal merampungkan satu lap pun, Minggu (3/11/2013) kemarin. Namun bukan berarti Lotus sudah aman dari ancaman mogok Kimi.
 
Lotus sampai saat ini masih berutang 15 juta euro kepada pilot nyentrik asal Finlandia tersebut dan ancaman mogok balapannya, bisa saja kembali terjadi di dua seri tersisa, GP Amerika Serikat dan Brasil. Padahal Lotus masih butuh jasanya guna menambah kans mengoleksi banyak poin demi bersaing di klasemen konstruktor dengan Ferrari dan Mercedes.
 
Jelas sangat disesali bahwa tim setenar Lotus, bisa diklaim mengalami gangguan keuangan yang berbuntut, 'molornya' gaji The Iceman. Sontak, Lotus pun menuai kecaman, terutama dari bos besar F1, Bernie Ecclestone.
 
"Dia sudah menandatangani kontrak dengan seseorang dan mereka wajib membayarnya. Saya bersimpati untuk Kimi, tapi harusnya dia bisa lebih paham dan mengetahui tentang apa yang dia tandatangani. Jika dia ingin absen di beberapa seri, itu terserah dia. Dia juga tahu konsekuensinya," papar Ecclestone.
 
Sementara eks-driver F1, Jacques Villeneuve bahkan lebih tegas lagi. Andai Villenueve yang berada di posisi Kimi, sudah sejak seri Yas Marina lalu dia akan sengaja absen membalap, bahkan hingga akhir musim.
 
"Publik mengatakan bahwa dia membalap hanya karena hasratnya semata, tapi dia seorang pembalap yang profesional. Membalap sudah jadi pekerjaannya. Jika saya berada di situasi dia, pastinya saya takkan mau pergi ke Austin atau Sao Paulo jika belum (gaji) belum dibayar," timpal Villeneuve, seperti dinukil AutoWeek, Senin (4/11/2013).
 
Tapi belum lama ini, datang kabar terbaru dari Lotus bahwa kesepakatan untuk memenuhi kewajiban mereka atas pembayaran gaji Kimi, sudah tercapai. Konsorsium yang menguasai saham 35 persen milik Lotus, mengaku akan segera mencairkan dana pembayaran upah Kimi secepatnya.
 
"Saya sudah bertemu manajer, Steve Robertson, tadi malam. Kami meminta maaf pada Steve dan juga Kimi. Kami tak hanya akan memastikan pemenuhan semua gaji Kimi, tapi kami juga akan mengompensasikan karyawan kami serta tim manajer. Sya yakin Raikkonen akan tetap membalap di dua seri terakhir untuk memenuhi kewajiban profesionalnya pada kami dan kami kepadanya," ujar Ketua konsorsium, Mansoor Ijaz.
 
Hal tersebut diamini tim principal Eric Boullier, meski tak ingin menjelaskan detail kesepakatan apa yang sudah dicapai antara Lotus dan perwakilan Kimi,: "Saya tak bisa mengatakan apapun tentang apa yang disepakati, karena sifatnya rahasia antara kedua belah pihak," tandas Boullier.
(raw)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/11/04/37/891658/tuai-kecaman-lotus-janji-penuhi-gaji-kimi