Minggu, 03 November 2013

"Saya Punya Patokan Waktu Setiap Latihan"

BANYUWANGI – Pembalap asal Selandia Baru, Jason Christie, berhasil keluar sebagai pembalap tercepat pada etape pertama Banyuwangi Tour de Ijen (BTDI) 2013, Sabtu (2/11/2013). Christie mengatakan memiliki patokan catatan waktu setiap latihan.
 
Dalam balapan etape pertama, Christie keluar dengan catatan waktu tercepat 3 jam, 4 menit dan 45 detik. Sementara posisi kedua menjadi milik Mehdi Sohrabi dari Tabriz Petrochemical Team (Iran) yang membuat catatan waktu 3 jam, 6 menit dan 2 detik. Sedangkan Rubio Vicente Garcia asal Matrix Powertag (Jepang) menempati tempat ketiga dengan 3 jam, 6 menit dan 2 detik.
 
Sebenarnya di awal lomba, para pembalap asal Indonesia sempat mendominasi barisan depan. Mereka antara lain, Aldi Afriani dari CCC. M Taufik dari BRCC dan Budi Santoso dari tim Jatim. Tapi memasuki lima lap terakhir, fisik pembalap-pembalap lokal mulai kendur. Satu persatu pembalap dari luar negeri mulai merangsek naik ke garis depan.
 
Masuk pada lap kesembilan, atau intermediate sprint ketiga, Christie nampaknya melakukan manuver dan melesat sendiri di barisan depan. Dia meninggalkan empat tombongan kecil, seperti Rubio Garcia dari Matrix, Sorabi dan Nozomu Kimori dari Aisan.
 
Sedangkan rombongan besar justru tertinggal sangat jauh di belakang. Jarak antara pembalap terdepan dengan main group mencapai angka 5 menit. "Memang di etape pertama ini jadi makanannya pembalap sprinter. Besok baru waktunya climber alias para raja tanjakan," kata Ketua Panitia Penyelenggara, Guntur Priambodo.
 
Christie mengatakan melakukan persiapan penuh menghadapi BTDI 2013. "Saya sempat cedera pada bulan Juni, lalu sembuh dan mulai berlatih pada September. Setelah itu saya mulai mempersiapkan diri secara serius," kata Christie.
 
Bahkan, dia selalu melakukan simulasi saat latihan dengan menerapkan pematokan waktu secara ketat. "Saya punya patokan waktu di setiap latihan. Harus terus meningkat dari waktu ke waktu," jelasnya, dalam rilis yang didapat Okezone.
(hmr)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/11/03/43/891147/saya-punya-patokan-waktu-setiap-latihan