Sabtu, 02 November 2013

Jason Christie Kuasai Etape Pertama

BANYUWANGI – Etape pertama Banyuwangi Tour de Ijen (BTdI) 2013 telah digeber pada Sabtu (2/11/2013) siang. Jason Christie, pembalap asal tim OCBC Singapura, menjadi penguasa sekaligus merebut Yellow Jersey etape pertama yang menyuguhkan jarak tempuh 128,7 km.
 
Memacu sepeda di bawah cuaca terik 33 derajat Celcius, Jason mencatat waktu 3 jam, 4 menit dan 45 detik. Sedangkan posisi kedua ditempati Mehdi Sohrabi dari Tabriz Petrochemical Team Iran dengan catatan waktu 3 jam, 6 menit dan 2 detik. Rubio Vicente Garcia milik tim Matrix Powertag menempati urutan ketiga dengan 3 jam, 6 menit dan 2 detik.
 
Tidak ada pebalap Indonesia yang menjadi penantang serius peringkat tiga besar. Padahal di fase awal para pebalap dalam negeri sempat mendominasi barisan depan. Namun di akhir lomba, pebalap seperti Aldi Afriani dari CCC, M Taufik dari BRCC dan Budi Santoso dari tim Jatim harus tercecer.
 
Kendati etape ini terhitung paling mudah karena memutari dalam kota Banyuwangi, cuaca panas sangat menguras fisik pebalap-pebalap lokal mulai kendur. Justru pebalap mancanegara yang di awal berada di urutan belakang, pelahan namun pasti terus mengambil alih urutan terdepan.
 
Lap kesembilan dari total sepuluh lap merupakan lap penentuan bagi tiga pebalap yang finis tiga besar. Christie malah agak jauh di depan seorang diri, yang disusul Sohrabi Mehdi dan Garcia de Mateos yang harus berebut demi mendapatkan posisi kedua.
 
Di belakang rombongan ini terdapat empat tombongan kecil, seperti Rubio Garcia dari Matrix, Sorabi dan Nozomu Kimori dari Aisan. Sementara rombongan besar justru tertinggal sangat jauh di belakang. Gap antara leading group dengan main group terdapat kesenjangan sekitar 5 menit.
 
Jason Christie, sang pemenang etape pertama, berujar, "Saya sudah sangat siap dan menargetkan di urutan terdepan. Saya berlatih dan senang bisa memenangi etape pertama. Tidak ada masalah sepanjang perlombaan dan saya bisa sangat fokus untuk mencatat waktu sebaik mungkin."
 
Jason sendiri sebenarnya diganggu cedera dan baru pulih September silam. Namun latihan yang sangat intensif dan semangat untuk kembali mengayuh sepeda membuatnya pulih cepat dan sangat siap mengikuti Tour de Ijen 2013.
 
Untuk kategori lainnya, Best Stage Indonesian Rider memunculkan nama Taufik dari BRC dengan catatan waktu 3 jam, 7 menit dan 12 detik. Di belakangnya ada Novardianto dan Afriani di peringkat dua dan tiga yang terpaut tiga menit dengan Taufik.
 
Pada Minggu (3/11/2013) besok, para pebalap bakal disuguhi level yang lebih sulit sekaligus terpanjang yakni start di Bajulmati dan finish Pulau Merah dengan jarak tempuh 190 km. Etape ini membentang dari wilayah utara Bannyuwangi menuju pantai selatan atau Pulau Merah.
(Kukuh Setiawan/Koran SI/raw)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/11/02/43/891005/jason-christie-kuasai-etape-pertama