Senin, 04 November 2013

Indonesia Peringkat 10 Kejuaraan Dunia Taekwondo

NUSA DUA – Tuan rumah Indonesia harus puas di posisi 10 dalam kejuaraan dunia WTF World Taekwondo Poomsae Champhionship ke-8 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali.
 
Dalam pertandingan hari terakhir Minggu (3/11/2013), babak final di kelas Freestyle Mixed Team di Ruang Mangupura Hotel Westin, Nusa Dua, tim merah putih hanya mampu menambah koleksi medali perunggu.
 
Pada pertandingan penentuan di kelas ini, atlet Indonesia Sofiudin, Maulana Haidir, Ramadhan Auliya, Kevita Rizkia, dan Mutiara Habiba, yang mendapat dukungan ratusan penonton mendulang nilai 769.
 
Di kelas bergengsi itu, tim Vietnam Thanh trung Le, Thien Phung Nguyen, Tuyet Van Chau, Thuy Kuan Linh Nguyem dan Thie Le Kim Nguyen berhasil mendulang emas. Sementara medali perak direbut tim beregu Canada yang diperkuat Alaxander Hylton, Charlie Chong, Jeff Hsiad, Gloria Cho dan Jaden Chong.
 
Tim Vietnam berhasil mencuri medali emas sekaligus menempatkan negeri produsen besar terbesar di dunia itu di peringkat kedua di ajang yang diikuti 460 atlet dari 50 negara.
 
Di posisi puncak, kejuaraan ini ditempati tim tangguh Korea Selatan yang berhasil mendulang tujuh emas dan empat perak. Di posisi kedua, tim Vietnam dengan raihan tiga emas, tiga perak dan lima perunggu. Untuk peringkat ketiga diduduki Philipina dengan mengkoleksi tiga emas, dua perak dan satu perunggu.
 
Pada posisi keempat diduduki Iran dengan perolehan dua emas, empat perak dan lima perunggu. Sementara posisi kelima ditempati Amerika Serikat dengan dua emas, satu perak dan empat perunggu.
 
Dalam kejuaraan yang berakhir malam ini, tim merah putih berhasil memboyong satu medali emas, satu perak dan lima perunggu. Medali perunggu di hari terakhir final itu dipersembahkan tiga atlet andalan RI yaknu Maulana Haidir, Abdurrahman Wahyu dan Mohammad Fazza Fitra Cahyanto di kelas team putra di bawah usia 29 tahun.
 
Atas hasil ini, Ketua Umum PB Tae Kwon Do Indonesia, Letjend Marciano Norman menyatakan puas dan bangga dengan perjuangan para atlet Indonesia. "Ya sangat puas, apalagi kejuaraan di Columbia tahun 2012 Indonesia hanya mendapat satu perunggu," ujarnya.
 
Menurutnya, kejuaraan yang digelar di Bali itu telah berjalan sukses, tanpa ada hambatan berarti. Marciano kembali menegaskan kepuasannya atas pelaksanaan kejuaraan dunia taekwondo maupun prestasi yang ditorehkan atket Tanah Air.
 
Ajang bergengsi yang mempertandingkan para atlet dunia dalam memperagakan jurus-jurus Taekwondo, juga menjadi ajang persiapan atlet Indonesia dalam menghadapi kejuaraan dunia berikutnya yakni SEA Games dan Olympiade.
 
Perolehan Medali Kejuaraan Dunia WTF ke-8 Taekwondo Poomsae di Bali
No Negara Medali Emas Perak Perunggu
1. Korea Selatan 7 4
2. Vietnam 3 3 5
3. Philiphina 3 2 1
4. Iran 2 4 5
5. Amerika Serikat 2 1 4
6.Thailand 2 0 4
7.Spanyol 2 0 2
8.Canada 1 2 1
9 Germany 1 2 1
10.Indonesia 1 1 5
(hmr)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/11/03/43/891335/indonesia-peringkat-10-kejuaraan-dunia-taekwondo