Senin, 04 November 2013

Grosjean Gagal Cetak Quattrick Gara-Gara Sutil

ABU DHABI – Romain Grosjean mesti gigit jari di GP Abu Dhabi, Minggu (3/11/2013) kemarin. Pilot Lotus itu tak sanggup merangkai capaian podium keempatnya lantaran sempat diadang Adrian Sutil hingga gagal mengejar Nico Rosberg hingga balapan bubar.
 
Padahal rekan setim Kimi Raikkonen itu sempat melakukan start bagus di awal race. Mengawali lomba di grid keenam, Grosjean mampu naik dua posisi pada belokan pertama dan membuntuti duo Red Bull, Sebastian Vettel dan Mark Webber, serta Rosberg di kokpit Mercedes.
 
Namun setelah keluar dari pit-stop pertama, Grosjean turun peringkat di belakang Sutil. Pembalap Force India itu acap menyulitkan Grosjean untuk menyalip. Aksi susul-susulan sempat terjadi di zona DRS (Drag Reduction System) pertama.
 
Grosjean baru benar-benar bisa mengasapi Sutil untuk kemudian melesati melewati sejumlah pembalap lainya di zona DRS kedua. Padahal jika tak kehilangan waktu bergelut dengan Sutil, Grosjean bisa dengan mudah melewati lagi Rosberg dan memberi tekanan pada Webber yang mengekori Vettel.
 
"Sungguh balapan yang panjang. Saya melakukan start yang bagus dan naik dua posisi di dua belokan pertama. Tapi setelah itu, saya kehilangan waktu di belakang (pembalap) Force India. Saya bisa saja menyalipnya dengan DRS, tapi dia punya top-speed yang lebih baik dan saya berpikir, saya bisa melewatinya di trek lurus berikutnya," tutur Grosjean.
 
"Pertarungan di pertengahan balapan itu merugikan kans mendapat podium di akhir lomba, padalah saya cukup cepat untuk bisa menekan Mark di posisi kedua. Tapi memang, kadang ceritanya harus begini," lanjutnya, seperti dikutip F1Plus, Senin (4/11/2013).
 
Di tiga seri sebelumnya, Grosjean bak "lahir kembali" setelah musim lalu dan awal musim ini diragukan kelayakannya berada di kokpit Lotus. Namun pembalap asal Prancis ini memberi bukti hattrick podium tiga di GP Korea, Jepang dan India lalu. Meski menyayangkan gagal mendaki podium untuk keempat kali, Grosjean tetap mensyukuri raihan tempat keempatnya.
 
"Sangat disayangkan kami tak bisa mencapai podium keempat berturut-turut, tapi pulang dari sini (Abu Dhabi) setelah mengalami masalah beberapa hari lalu, (posisi empat) ini hasil yang layak," tukas driver kelahiran Jenewa (Swiss) 27 tahun silam tersebut.
(raw)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/11/04/37/891798/grosjean-gagal-cetak-quattrick-gara-gara-sutil