Senin, 04 November 2013

Ferrari Salah Pilihkan Ban, Massa Frustrasi

ABU DHABI – Felipe Massa gagal melanjutkan tren positif seperti yang dihasilkannya di GP India lalu. Pada seri Yas Marina, kemarin (Minggu, 3/11/2013) Malam, driver kedua Ferrari tak bisa mengulang capaian finis lima besar.
 
Kali ini inti masalahnya bukan pada performa mobilnya, melainkan blunder dari timnya sendiri ketika masuk ke pit-stop di 17 lap terakhir. Timnya tak mengganti compound ban soft, sesuai keinginan Massa. Timnya malah memasang ban medium compound yang akhirnya, menyulitkan Massa berakselerasi dan harus finis di tempat kedelapan.
 
"Tim melakukan kesalahan. Saya tak mengira akan menggunakan ban medium (compound) di pit-stop terakhir. Saya mengharapkan ban soft, tapi yang saya lihat malah ban lain. Padahal saya bisa dengan mudah finis di lima besar," sesalnya, seperti dikutip F1Plus, Senin (4/11/2013).
 
"Saya tak membicarakannya (dengan tim sebelum race) karena sudah jelas buat saya. Awalnya kami tetap akan menggunakan ban soft. Karena ban itu lebih baik di awal lomba dan saya mendapatkan performa terbaik mobil dengan ban itu," imbuh Massa.
 
Di akhir-akhir lomba, Massa pun dilewati beberapa pembalap lain, termasuk rekan setimnya, Fernando Alonso. Hal ini pun memunculkan spekulasi bahwa Ferrari, sengaja "mengerjainya" agar Alonso bisa finis lebih baik.
 
Alonso pun akhirnya merampungkan lomba tiga posisi lebih baik dari Massa. Kendati demikian, pembalap asal Brasil itu enggan berprasangka buruk. Massa menyatakan bahwa mustahil Ferrari sengaja mengorbankan dirinya demi Alonso.
 
"Jelas saya frustrasi dan tak bahagia. Saya tampil hebat, bertarung dengan banyak pembalap dan menyalip mereka. Kecepatan mobil saya pun bagus, tapi saya tak bisa finis di posisi yang saya harapkan. Itu bikin frustrasi, tapi yang penting saya menunjukkan bahwa saya juga bisa tampil cepat," sambungnya.
 
"Tim butuh banyak poin dan saya kira, mereka takkan pernah melakukan itu kepada saya. Saya bahkan tak pernah berpikir begitu. Saya yakin pada tim saya dan akan terus seperti itu hingga saat akhir. Seperti yang saya katakan, itu hanya sebuah kekeliruan dari tim karena semestinya kami bisa mencetak banyak poin," tutup Massa.
(raw)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/11/04/37/891787/ferrari-salah-pilihkan-ban-massa-frustrasi