Senin, 07 Oktober 2013

Vettel Bisa Juara di Suzuka

JAKARTA - Kemenangan di F1GP Korea membuat Sebastian Vettel semakin dekat dengan gelar juara dunia musim ini. Pembalap Red Bull Racing ini bahkan berpeluang menyabet titel juara keempatnya pada seri berikutnya di Suzuka, Jepang.

Vettel tampil prima di Sirkuit Yeongam, Korea, dengan mengungguli duo Lotus Renault, Kimi Raikkonen dan Romain Grosjean. Ini merupakan kemenangan keempat Vettel secara beruntun, atau yang kedelapan di musim ini.

Kemenangan ini membuat Vettel berpeluang besar jadi juara dunia musim ini. Pasalnya, saat ini driver Jerman tersebut unggul 77 poin dari pesaing terdekatnya Fernando Alonso. Vettel mengumpulkan 272 poin, sementara Alonso 195 poin.

Dengan lima seri yang tersisa, Vettel bisa saja mengklaim titel juara pada seri berikutnya F1GP Jepang di Sirkuit Suzuka, pekan mendatang. Namun, syaratnya Alonso gagal menambah poin, sementara Vettel naik podium pertama.

Jika skenario tersebut terjadi, maka koleksi poin Vettel menjadi 297 poin, atau unggul 102 poin dari pembalap Ferrari tersebut. Dengan demikian, maka di empat seri tersisa, posisi Vettel tidak akan tergoyahkan di puncak klasemen.

Vettel saat ini mengoleksi tiga titel juara yang diraihnya secara beruntun, 2010, 2011, 2012. Jika berhasil menjadi juara di musim ini, maka Vettel akan menyamai rekor pembalap legendaris Argentina, Juan Manuel Fangio yang memegang rekor empat gelar juara dunia. Peraih gelar juara terbanyak masih dipegang senior Vettel, Michael Schumacher dengan lima titel juara. (acf)


source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/07/37/877498/vettel-bisa-juara-di-suzuka