Jumat, 04 Oktober 2013

Tutup Rapat Rahasia RB9, Vettel Ledek Tim Lain

YEONGAM – Sudah bukan rahasia lagi jika Sebastian Vettel, tak hanya mengandalkan skill membalap yang mumpuni untuk mendominasi, tapi juga kecepatan mobil RB9 miliknya. Tapi bagaimana RB9 bisa mengangkangi mobil tim lain, itu yang saat ini masih jadi rahasia yang ditutup rapat.
 
Sebelumnya, sempat terdengar nada-nada tuduhan bahwa Vettel, diam-diam menggunakan traction control terhadap mobilnya dan itu yang membuatnya bisa lebih cepat dari Ferrari, Mercedes, Lotus maupun McLaren.
 
Tapi Vettel memastikan bahwa dia dan timnya masih "bermain" jujur dan menampik penggunaan kendali traksi tersebut. Terlepas dari itu, Vettel hanya bisa meledek tim-tim lain yang sampai saat ini, belum bisa membongkar teknologi yang membuat mobilnya melesat lebih cepat dari yang lain.
 
"Kami bangga dengan sistem yang kami punyai di sini, karena tim-tim lain, takkan pernah bisa mengetahui bagaimana kami bisa melakukannya (tampil lebih cepat)," celetuk Vettel, sebagaimana disadur BRecorder, Jumat (4/10/2013).
 
"Secara konstan, kami selalu mencoba meningkatkan performa mobil. Itu bagian dari pekerjaan rumah yang harus selalu kami lakukan," lanjutnya usai merampungkan sesi latihan hari pertama GP Korea, Siang tadi.
 
Orang di belakang kemajuan pengembangan RB9, sudah pasti Adrian Newey yang selalu muncil dengan inovasi-inovasi teknologinya. Sang rival, Fernando Alonso pun mengakui bahwa Red Bull, selalu lolos dari pengecekan awal terhadap segala ketentuan regulasi. Alonso sendiri mengaku tak ambil bagian dari dugaan kecurangan mobil Vettel. Alonso hanya ingin fokus pada mobilnya sendiri.
 
"Mereka selalu lolos dari pemeriksaan jelang balapan pada Sabtu dan Minggu, jadi mobil mereka benar-benar oke (tak melanggar ketentuan regulasi). Sekarang, tergantung dari kami sendiri untuk jadi lebih baik dan memaksimalkan potensi diri sendiri," timpal pilot Ferrari itu.
(raw)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/04/37/876639/tutup-rapat-rahasia-rb9-vettel-ledek-tim-lain