Sabtu, 12 Oktober 2013

Tikungan Basah Bikin Lorenzo Ciut Nyali

SEPANG – Jorge Lorenzo gagal tampil maksimal di sesi kualifikasi, siang tadi. Jangankan merebut pole-position, menempati satu tempat di barisan terdepan saja tak mampu. Lorenzo beralasan, dirinya enggan melakoni aksi nekat saat melahap tikungan yang masih basah.
 
Bukannya apa-apa, bisa dimengerti pula jika sang juara bertahan, tak ingin tampil ngotot. Pasalnya jika nekat melewati tikungan basah dengan kecepatan tinggi, risiko kecelakaan dan cedera berat terbilang tinggi.
 
Lorenzo sebelumnya sudah diperingkatkan Team Manager, Wilco Zeelenberg terkait kondisi trek yang masih basah usai sirkuit Sepang, sempat diguyur hujan ringan sejak sesi latihan ketiga pagi tadi. Alhasil, Lorenzo hanya mampu finis sebagai rider tercepat keempat.
 
"Situasinya cukup berbahaya, padahal performa saya terasa hebat sampai tikungan kelima di mana treknya masih sempurna (kering), tapi ketika tiba di tikungan keenam, hampir semua sektor treknya basah," ungkap Lorenzo, seperti dilansir Crash, Sabtu (12/10/2013).
 
"Saya beruntung ketika sebelumnya Wilco bilang untuk memperhatikan tikungan kelima dan keenam dan saya pun sudah bersiap untuk hati-hati setelah dia berkomentar. Saya masuk ke tikungan dengan pelan, tapi saya bahkan tetap hampir teratuh. Saya coba mempercepat motor lagi di belokan ketujuh, tapi saya menyentuh garis putih dan lagi-lagi hampir jatuh," lanjutnya.
 
Di lap-lap berikutnya pun joki Factory Yamaha itu kian berhati-hati dan malah kehilangan waktu. Tak seperti tiga pembalap yang meraih row terdepan pada sesi balap besok, Lorenzo mengakui bahwa dirinya kurang berani ambil risiko.
 
"Setelah itu saya pikir risiko besar ada di dua tikungan ini. Saya hanya bisa 'gas pol' di sisa lap, tapi tikungan itu membuat saya kehilangan waktu. Itu alasannya mengapa saya kehilangan sampai setengah detik (waktu terbaik)," sambung Lorenzo lagi.
 
"Tapi pembalap lain juga menjalani lap dengan sangat baik. (Marc) Márquez menorehkan sekitar 2 menit 0,0 detik. Waktu yang sangat baik. Cal (Crutchlow) dan Valentino (Rossi) juga demikian. Mereka sangat cepat di hampir keseluruhan trek, tapi di dua tikungan itu, mereka lebih cepat, lebih berani," tandas pembalap berjuluk X-Fuera itu.
(raw)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/12/38/880863/tikungan-basah-bikin-lorenzo-ciut-nyali