Senin, 14 Oktober 2013

Skenario Vettel Klaim Juara dunia di India

JAKARTA – Sebastian Vettel kian dekat dengan gelar juara dunia musim ini usai memenangi F1GP Jepang. Pembalap Red Bull Racing ini pun berpeluang besar mengklaim titel juara keempatnya pada seri berikutnya di India.

Kemenangan Vettel di Sirkuit Suzuka membuatnya nyaman di puncak klasemen sementara pembalap dengan 297 poin. Pembalap muda Jerman ini unggul jauh, 90 poin dari Fernando Alonso (Ferrari) di posisi dua!

Dengan empat balapan tersisa di musim ini di mana masih ada 100 poin tersisa untuk diperebutkan, Vettel hanya butuh tambahan 10 poin untuk memastikan gelar juara dunia keempatnya secara beruntun.

Vettel dipastikan keluar sebagai juara dunia musim ini jika bisa finis di posisi lima atau lebih baik pada seri ke-16 Formula One 2013 di Buddh International Circuit, 27 Oktober.

Tambahan 10 poin akan mengantar Vettel mengoleksi 307 poin. Jumlah tersebut tidak akan mampu dikejar Alonso, meski pembalap Spanyol tersebut menang di India. Jika naik podium pertama di India, koleksi poin Alonso 232 poin.

Jika skenario di atas terjadi, maka koleksi poin Alonso dengan Vettel menjadi 75 poin. Andai Alonso bisa memenangi tiga seri tersisa, sementara Vettel gagal menambah satu pun poin, sehingga kedua pembalap memiliki poin sama di klasemen akhir, Vettel tetap berhak menggondol gelar juara dunia.

Namun, jika melihat performa Vettel dalam lima balapan terakhir di mana dia selalu tampil sebagai juara, mustahil rasanya berharap pembalap Jerman tersebut gagal mendulang poin di empat seri tersisa. (acf)


source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/14/37/881165/skenario-vettel-klaim-juara-dunia-di-india