Selasa, 15 Oktober 2013

Sesali Blunder, Dovi Salahkan Kondisi Trek

BOLOGNA – Kondisi trek memang seringkali jadi kambing hitam seorang pembalap ketika gagal meraih hasil yang diharapkan. Andrea Dovizioso contohnya, ketika mengeluhkan kondisi trek yang berpasir di seri Sepang, akhir pekan lalu.
 
Padahal, Dovi – sapaan santai Dovizioso, sempat melakoni start yang bagus di awal balapan. Joki Ducati itu membuntuti duo Yamaha Tech3, Bradley Smith dan Cal Crutchlow, setidaknya hingga belokan ke-14.
 
Tapi sayangnya ketika melintasi belokan ke-14 itu, Dovi melakukan blunder yang lebih pada faktor trek yang tak steril lantaran terhampar butiran-butiran pasir, yang sebelumnya tertiup angin dari gravel ke dalam lintasan.
 
"Sepang jadi balapan yang sulit. Saya melakukan start yang bagus dan berusaha mengikuti Smith, tapi saya melakukan kesalahana di belokan ke-14 saat mencoba melewatinya. Anda harus mengerem di sudut belokan dan saya kehilangan daya cengkeram ban depan," tutur Dovi.
 
"Saya mencoba tetap bertahan di trek tapi kemudian kehilangan grip ban belakang. Saya harus mengendalikan motor tapi aspalnya sangat kotor dan membuat saya hampir jatuh. Butuh enam tikungan buat membersihkan sisi kanan ban belakang dari pasir itu," lanjutnya, seperti diwartakan Crash, Selasa (15/10/2013).
 
Pada GP Malaysia lalu, setidaknya Dovi masih sanggup merampungkan lomba dan finis kedelapan kendati punya problem rentannya degradasi ban, termakan temperatur trek yang terbilang sangat panas. Sementara rekan setimnya, Nicky Hayden dan joki satelit Pramac Ducati, Andrea Iannone, gagal finis.
 
"(Daya cengkeram) ban saja juga cepat habis, tapi saya tidak tahu saat itu apakah mereka (Hayden dan Iannone) bisa melanjutkan lomba atau tidak. Di kondisi seperti itu, sulit buat kami memangkas jarak (dengan pembalap terdepan) yang terbentang lebar," sambung Dovi.
 
"Di trek Sepang, tak ada yang punya grip sempurna, jadi Anda harus mengendarai motor secara berbeda. Anda harus memacu kecepatan di tengah belokan, lalu mengendalikan dan berakselerasi setelahnya. Dengan Ducati, kami harus membuka gas di sudut belokan karena motornya sulit belok. Jadi, kami harus menunggu sebelum membuka gas pelan-pelan," tandasnya.
(raw)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/15/38/881773/sesali-blunder-dovi-salahkan-kondisi-trek