Senin, 21 Oktober 2013

Rossi Pertimbangkan Pitstop Opsi Masa Depan

PHILLIP ISLAND – Tak seperti dua koleganya yang menentang sistem flag-to-flag dengan format kewajiban pitstop, Valentino Rossi menilai hal tersebut bisa dijadikan opsi – setidaknya untuk diterapkan pacuan kuda besi MotoGP di masa mendatang.
 
Sebelumnya, rekan setimnya di Factory Yamaha, Jorge Lorenzo serta Daniel Pedrosa (Repsol Honda), menentang format tersebut untuk dipatenkan Dorna musim depan atau dua musim mendatang.
 
Namun The Doctor menilai terapan pitstop itu bisa dijalani jika jalannya balapan bisa lebih panjang, mungkin mendekati jumlah lap yang dilahap para pembalap Formula One. Tapi untuk jangka pendek, Rossi tetap lebih cenderung memilih format normal.
 
"Buat saya, (format pitstop) itu bisa jadi opsi untuk masa depan, di mana balapan berjalan lebih lama. Balapan akan berbeda dengan intesitas lebih. Anda bisa 100 persen sejak awal hingga akhir. Saat berhenti (di pitstop), Anda bisa sedikit rileks dan kembali dengan kondisi 100 persen lagi," terang Rossi.
 
"Tapi untuk sekarang, saya rasa (balapan) normal lebih baik. Balapan (kemarin) di Phillip Island hanya untuk persoalan darurat," lanjutnya, seperti dinukil Crash, Senin (21/10/2013).
 
Demi mencegah hal darurat tersebut berulang, Rossi berharap pihak penyelenggara MotoGP menghelat tes ban untuk semua sirkuit yang punya aspal baru. Selain itu, juara dunia tujuh kali itu berharap pula pihak Bridgestone bersedia meningkatkan standar ban keras dan memberi kebebasan para pembalap memilih kompon bannya masing-masing.
 
"Buat saya jika sirkuit punya permukaan aspal baru, tentu akan lebih baik diadakan tes lebih dulu. Saya juga berpikir bahwa Bridgestone, harus mengembangkan ban keras mereka, karena ban mereka saat ini tak sepenuhnya 'klop' dengan semua pembalap," sambung Rossi.
 
"Kami terpaksa menggunakan ban belakang yang soft. Saya harap, Bridgestone mengusahakan ketetapan di mana para pembalap, diberikan dua opsi saat balapan agar beberapa dari kami, bisa memutuskan, ban mana yang lebih cocok untuk balapan," paparnya.
(raw)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/21/38/884680/rossi-pertimbangkan-pitstop-opsi-masa-depan