Selasa, 01 Oktober 2013

"Perubahan Spesifikasi Mesin F1 Timbulkan Masalah"

LONDON – Musim depan, Formula One mengubah spesifikasi mesin agar lebih ramah lingkungan, irit, dan menarik lebih banyak sponsor. Namun, hal itu menurut legenda Formula One, Alain Prost sebagai keputusan yang radikal.
 
FIA (Federasi Otomotif Internasional) mengumumkan perubahan paling ketara adalah pada penggunaan mesin. Sebelumnya, spesifikasi mesin V8 kapasitas 2,4 liter kini menjadi V6 1,6 liter. Mesin itu juga dilengkapi dengan turbocharge dan sistem pemulihan energi.
 
Mobil juga dipercaya akan mengonsumsi bahan bakar yang lebih rendah. Mesin turbocharge pernah dipakai sampai 1988, dan pemakaiannya digunakan untuk peningkatan efisiensi. Pada masanya sebagai pembalap, Prost juga mengaku pernah mengalami perubahan kebijakan dalam hal spesifikasi mesin.
 
"Saya hanya bisa katakan, kami pasti akan mengalami cukup masalah pada daya tahan, terutama di awal kami menggunakannya," ujar Prost, seperti dilansir Autosport, Selasa (1/10/2013).
 
"Kita dapat lihat apakah masalah tersebut muncul hanya di beberapa balapan atau di semua balapan, karena saat ini belum ada yang tahu pasti. Uji coba musim dingin bisa menjadi patokannya," jelas pria asal Prancis ini.
 
"Tetapi saya pikir ini merupakan hal bagus, sebab teknologi baru terus lahir, seperti yang pernah kami alami dengan teknologi turbo di era 1970-an dan 80-an. Kami semua harus menerima bila kadang-kadang timbul masalah," tuntasnya.
 
(win)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/01/37/874478/perubahan-spesifikasi-mesin-f1-timbulkan-masalah