Kamis, 31 Oktober 2013

Mantan Kiper MU Juara Balapan Prancis GT

PARIS - Masih ingat dengan kiper andalan Manchester United medio 2000-2004? Ya, Fabien Barthez yang kerap menjaga gawang, kini menjadi seorang pembalap. Bahkan, Barthez keluar sebagai pemenangan di GT Motorsport Series di Prancis.

Bersama partnernya di tim Sofrev ASP, Organ Moullin-Traffort, ia juara setelah dua kali menang dan empat kali naik podium sepanjang musim. Total ia meraih 174 poin atau unggul 21 poin dari rival terdekat mereka, juara dunia reli Sebastian Loeb.

Dalam balapannya, Barthez mengendarai mobil Ferrari 458 Italia GT. Mobil asal pabrikan Italia yang mampu melaju hingga kecepatan 202 mph atau sekitar 325 kilometer/jam.

"Saya selalu tertarik dengan dunia balap bahkan ketika saya masih bermain sepakbola. Saya ingin tahu bagaimana rasanya menjadi pebalap. Sampai saya harus menunggu hingga masa pensiun saya tiba," ungkap Barthez di Daily Mail.

Kiper yang sukses membawa Timnas Prancis juara Piala Dunia 1998, memulai debutnya dalam dunia balap dengan mengikuti ajang Porsche Carrera Cup di Prancis bersama tim SOFREV Auto Sport Promotion pada 2008.

Setahun kemudian, intensitas balapannya semakin tinggi dengan mengikuti beberapa ajang bergengsi, seperti French GT Championship, Bioracing Series, dan the Caterham Sigma Cup France, seperti juga Porsche Carrera Cup France.

"Banyak yang bilang, balapan mobil tak seperti sepakbola. Anda masih akan tetap bersinar sekali pun sudah berusia 40 tahun ke atas," kata mantan kiper Marseille ini.

Barthez pun mengaku tertarik untuk mengikuti ajang Le Mans 24-hour. Ajang di mana pembalap Formula One, Mark Webber, memulai karier barunya di sana usai berakhirnya balapan F1 musim ini.

"Le Mans adalah balapan yang sangat bergengsi. Akankah saya membalap di sana satu hari nanti? Saya tak tahu pasti. Tapi untuk saat ini, saya harus akui bahwa saya masih kurang berpengalaman untuk iktu balapan di sana," paparnya.
(min)


source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/31/44/889994/mantan-kiper-mu-juara-balapan-prancis-gt