Minggu, 06 Oktober 2013

Lotus Paksa Grosjean Senyum Lebar di Podium

YEONGAM – Romain Grosjean akhirnya mampu memijak podium untuk kali ketiganya musim ini di GP Korea. Kendati begitu, pilot tim Lotus itu kena 'omel' team principal, Eric Boullier sampai-sampai, Grosjean diperintahkan untuk tetap tersenyum di podium.
 
Start dari posisi tiga di grid seri Yeongam siang tadi, Grosjean mampu membuntuti sang pemenang, Sebastian Vettel di awal lomba. Namun di 20 lap akhir, tepatnya setelah safety car keluar lintasan, Grosjean melakukan kesalahan sendiri hingga akhirnya, disalip rekannya sendiri, Kimi Räikkönen.
 
Sampai garis finis, Grosjean gagal merebut kembali posisi dua dari tangan Kimi. Sesaat Grosjean melindas garis finis, terdengar panggilan radio dari tim yang sebagian sempat disensor,: "Kita bicarakan masalah ini setelah lomba, tapi untuk sekarang, tolong senyum yang lebar di podium!," bunyi suara radio yang direkam otoritas F1.
 
Grosjean pun seakan menuruti perintah timnya itu di mana pembalap asal Prancis itu, mencoba tetap tersenyum mesti terlihat kaku di atas podium,: "Balapannya cukup menyenangkan. Kami melakukan start yang bagus dan senang rasanya bisa mendekati Red Bull," tutur Grosjean.
 
"Saya melakukan kesalahan dan Kimi, menyalip saya dan itu sepenuhnya karena kesalahan saya sendiri. Tapi kami mampu kembali naik podium, jadi ini raihan yang bagus," imbuhnya, sebagaimana dinukil Planet-F1, Minggu (6/10/2013).
 
Boullier yang ditemui sejumlah pekerja media usai balapan, akhirnya menjelaskan mengapa tim "menyemprot" Grosjean. Boullier memaparkan bahwa setelah disalip Kimi, Grosjean menyiratkan permintaan bantuan team order dari timnya demi merebut kembali posisi dua.
 
"Romain frustrasi karena dia melakukan kesalahan kecil saat memulai balapan lagi setelah safety car keluar dan Kimi melewatinya. Saya rasa, dia memohon untuk team order membiarkannya melewati (Kimi) dan saat itu, kondisi balapan sudah normal," terang Boullier.
(raw)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/06/37/877355/lotus-paksa-grosjean-senyum-lebar-di-podium