Minggu, 20 Oktober 2013

Lorenzo & Marquez Bicarakan Peluang Juara

PHILLIP ISLAND - Jorge Lorenzo berhasil keluar sebagai pemenang pada seri MotoGP Australia, Minggu (20/10/2013). Pembalap Yamaha ini menilai bahwa ada sisi keberuntungan padanya hingga bisa memenangkan seri ke-16 ini.

Dalam balapan yang berlangsung di Phillip Island, Lorenzo yang berhasil start dari posisi pertama terus dijaga ketat oleh Marc Marquez dari Honda. Hingga akhirnya, regulasi pit stop pada seri kali ini membuat Marquez bernasib sial.

Pembalap berusia 20 tahun tersebut, tak mengindahkan aturan dari Race Direction yang mengharuskan pembalap memasuki pit stop dan mengganti motor di lap ke-10. Marquez baru masuk di akhir lap ke-11.

Alhasil, rookie pun harus terkena black flag yang artinya didiskualifikasi dan dilarang melanjutkan balapan. Kondisi tersebut membuat Lorenzo semakin mantap di jalur terdepan.

"Kami sudah sangat beruntung . Tanpa kesalahan dari Marc, saya pikir dia akan menjadi pertama atau kedua .Saya tidak tahu apa yang terjadi dengan Marc hari ini. Apakah itu (diskualifikasi) karena kesalahan dia atau tim, atau apakah dia tidak bisa melihat papan pit stop," ujar Lorenzo di situs MotoGP.

Kemenangan ini semakin memperketat perebutan gelar juara antara Lorenzo dan Marquez pada laga ini terkena diskualifikasi. Marquez memang masih berada di posisi teratas klasemen sementara dengan 298 poin, akan tetapi kini hanya selisih 18 poin dengan Lorenzo yang berada di posisi kedua dan balapan menyisakan dua seri lagi.

"Sekarang peluang juara telah berubah begitu banyak . Sebelum balapan kami tidak punya kesempatan, kesempatan hanya 2 % atau 3 % dan sekarang 20 % atau 30 % . Tapi Marc sangat kompetitif di setiap seri, jadi kita perlu untuk pergi sekeras mungkin di Motegi dan Valencia," paparnya.

Sementara itu, Marquez yang berpeluang menjadi juara di musim perdananya mengatakan bahwa segala kemungkinan masih bisa terjadi. Dirinya berjanji akan selalu berjuang untuk meraih kemenangan.

"Saya mengatakan pada Kamis lalu bahwa kejuaraan ini sangat panjang. Hari ini terjadi seperti ini dan mungkin di Motegi (GP Jepang) akan ada sesuatu yang lain. Saya tahu saya sudah benar, saya merasa begitu baik di motor dan berjuang untuk podium atau kemenangan hari ini," ujar jawara Moto2 musim lalu ini. (min)


source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/20/38/884099/lorenzo-marquez-bicarakan-peluang-juara