Minggu, 20 Oktober 2013

Lorenzo: Balapan yang Gila & Kacau!

PHILLIP ISLAND - Jorge Lorenzo berhasil keluar sebagai pemenang pada seri MotoGP Australia, Minggu (20/10/2013). Pembalap Yamaha ini mengungkapkan bahwa seri ke-16 ini adalah balapan yang tergila di musim ini.

Pada balapan yang berlangsung di Phillip Island ini, Race Direction memang membuat regulasi khusus. Di mana para pembalap harus memasuki pit dan mengganti motor mereka dengan motor cadangan yang terpasang ban baru pada lap 10.

Tak hanya itu, balapan sendiri hanya berlangsung dengan 19 laps dari yang biasanya 27 laps pada sirkuit tersebut. Aturan-aturan tersebut memang tak lepas dari kondisi lintasan dengan aspal barunya yang membuat kemampuan ban berkurang.

Akan tetapi, Lorenzo bersama timnya berhasil melakukan strategi dengan baik hingga mampu menjadi yang tercepat lewat 29m 7.155s.. Pembalap asal Spanyol ini mengakui bahwa balapan berjalan cukup "kacau".

"Ini adalah balapan yang gila dan kacau , pertama kalinya kami telah mengubah motor  di balapan kering. Ini membutuhkan banyak perhatian dari kita semua dan mekanisme untuk siap selalu, karena apa pun bisa terjadi," ungkap Lorenzo di situs resmi MotoGP.

Jawara MotoGP musim lalu ini, mengatakan bahwa berlatih dan pengaturan strategi adalah kunci kemenangannya. Mekanik pun segera melakukan perubahan kala Lorenzo kalah cepat dari Marc Marquez pada sesi pemanasan.
 
"Kami berlatih perubahan motor dan itu adalah salah satu kunci kemenangan tersebut . Saya lambat di sesi pemanasan dan kami harus mengubah beberapa hal. Kami mengubah strategi dan membuat beberapa perbaikan. Saya begitu cepat dalam balapan, tapi Marc dan Dani ( Pedrosa ) benar-benar cepat juga," paparnya.

Kemenangan ini semakin memperketat perebutan gelar juara antara Lorenzo dan Marquez pada laga ini terkena diskualifikasi. Marquez memang masih berada di posisi teratas klasemen sementara dengan 298 poin, akan tetapi kini hanya selisih 18 poin dengan Lorenzo yang berada di posisi kedua dan balapan menyisakan dua seri lagi. (min)


source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/20/38/884057/lorenzo-balapan-yang-gila-kacau