Jumat, 25 Oktober 2013

Liga Bola Basket Amatir Kembali Bergulir

JAKARTA - Liga bola basket amatir KOBATAMA yang sebelumnya telah resmi dibekukan oleh PB PERBASI pada tahun 2010 lalu, kini kembali bergulir. Di bawah bendera PT. ORBI, KOBATAMA berubah mana menjadi Premier Basketball League (PBL).

Pentingnya pembinaan olahraga Bola Basket tingkat amatir di Indonesia, menjadikan alasan mengapa PB PERBASI menggulirkan kembali Liga Bola Basket Amatir yang kini diberi nama Premier Basketball League (PBL).

Dalam kompetisi di musim 2013 kali ini, PBL mengikutsertakan enam klub amatir yang akan melakoni dua putaran kompetisi di Jakarta dan Tegal, sebelum akhirnya memasuki babak final yang akan dilangsungkan di Bali.

Dalam jumpa pers yang dilakukan pihak panitia di Jakarta, Kamis (24/10/2013), Sofran Nurozi selaku Dirut PT. ORBI mengaku, kembali bergulirnya PBL di tahun 2013 ini semata-mata dilakukan guna memberikan kesempatan kepada seluruh pemain amatir untuk dapat merasakan kompetisi tingkat nasional yang diharapkan menjadi pintu menuju tingkat profesional.

"Kami sangat concern dengan para pemain basket Indonesia, khususnya di tingkat amatir. Diharapkan dengan kembali bergulirnya PBL tahun ini, bisa menggeliatkan para pemain basket amatir," jelasnya.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Rino Vandi Kusuma selaku Komisaris PT. ER Imaji Inovasi yang menjadi sponsor utama dalam penyelenggaraan PBL musim 2013 kali ini.

"Mungkin banyak yang mempertanyakan kenapa saya mau mensponsori sebuah liga basket amatir. Tapi menurut saya, justru di tingkat inilah penting dilakukan sebuah dukungan kepada para pemain. Dari PBL ini nantinya diharapkan akan bermunculan banyak bibit berbakat yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh para klub yang menjalani kompetisi di tingkat profesional," ujarnya.

Sementara itu, Operasional PT ORBI Budi Wardoyo mengatakan, secara penyelenggaraan, PBL selalu berkoordinasi dengan PB Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) dalam menggelar kompetisi.

"Kita independen, tapi tidak ingin bertabrakan dengan yang lain. Makanya kita berkoordinasi dengan Perbasi. Soal izin, perwasitan dan lain-lain, kita tetap berkoordinasi. Kita berusaha berjalan, tapi tidak ingin menyaingi yang sudah ada seperti NBL," sambungnya.

PBL, lanjutnya, ingin membina bola basket dari level bawah. Intinya Kami semi pro dalam pengelolaan klubnya, walaupun dilabeli amatir oleh Perbasi.

Ia pun menceritakan awal mula berdirinya PBL. Dahulunya, PBL bernama Kobatama yang dimiliki PT Perbasi. Peserta Kobatama adalah juara-juara di tiap Pengprov Perbasi.

"Jadi, tidak sembarang klub yang ikut di Kobatama. Nah, Kobatama sempat vakum. Meski ganti kepengurusan. Kobatama pun tetap tidak jalan. Begitupun Kobanita," tegasnya.

Makanya, para klub-klub yang sempat bergabung di Kobatama bersepakat membentuk sebuah liga indepeneden bernama PBL. "Jadi ini adalah rebound dari Kobatama," tegasnya.

Berikut jadwal kompetisi PBL musim 2013:

Putaran 1 (JAKARTA):  4-10 November 2013 (GOR Soemantro Brojonegoro)
 
Putaran 2 (TEGAL): 18-24 November 2013 (GOR Wisanggeni)
 
Putaran Final (BALI): 4-7 Desember 2013 (GOR Kerobokan) (acf)


source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/25/36/886607/liga-bola-basket-amatir-kembali-bergulir