Jumat, 04 Oktober 2013

India Gagal Helat MotoGP (Lagi)

GREATER NOIDA – Setelah sukses masuk kalendar Formula One sejak 2011 lalu, Buddh International Circuit (BIC) berharap bisa menggandeng pihak Dorna untuk menghelat pacuan kuda besi MotoGP. Sedianya, semenjak tahun lalu mereka sudah mengajukan diri, tapi hingga kini belum juga terwujud.
 
Sirkuit yang bertempat di kawasan Utara India itu sudah sempat mengusulkan diri ke Dorna untuk bisa menggelar MotoGP 2013 atau musim ini. Kendati sudah mendapat dukungan pula dari rider Yamaha Factory, Jorge Lorenzo saat berkunjung tahun lalu, mereka pun harus gigit jari lantaran terkendala beberapa hal yang tak mereka ungkap.
 
Tahun ini mereka kembali mengajukan diri ke CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta dan sudah mendapat tanggapan positif. Tapi lagi-lagi lantaran ada beberapa hal yang tak bisa mereka penuhi, sirkuit yang memakan biaya 10 miliar Rupee itu batal lagi menggelar MotoGP musim 2014 mendatang.
 
Sedianya, Jaypee Group sebagai pemegang kepemilikan sirkuit, sudah mencanangkan gelaran MotoGP di India pada 17 November mendatang. Namun karena batal, kalender terbaru MotoGP yang sudah rilis kemarin pun urung memasukkan GP India dan hanya memasukkan dua venue baru di Amerika Selatan – Brasil dan Argentina.
 
Padahal tahun depan, fans India sudah terbilang amat menantikan aksi-aksi Valentino Rossi dkk, terlebih setelah mereka juga akan kehilangan event F1 setelah supremo Bernie Ecclestone mengumumkan bahwa takkan ada F1 GP India tahun depan, beberapa waktu lalu.
 
"Kami sudah bernegosiasi dengan penyelenggara MotoGP, tapi ada beberapa syarat dari mereka yang tak bisa kami penuhi," ungkap juru bicara Jaypee Group, Askar Zaidi.
 
"Setelah balapan F1 berakhir Oktober ini, kami akan mengambil keputusan lain, terkait event apa saja yang nantinya bisa digelar BIC pada 2014," tutupnya, sebagaimana diwartakan NewIndianExpress, Jumat (4/10/2013).
(raw)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/04/38/876768/india-gagal-helat-motogp-lagi