Selasa, 15 Oktober 2013

Doohan Bicara Marquez & Stoner

GOLD COAST – Menjulangnya indeks prestasi Marc Márquez di musim pertamanya ini sudah banyak bikin heran dan salut sejumlah mantan pelakon MotoGP, tak terkecuali si legenda hidup Mick Doohan.
 
Memang sedianya sudah sejak beberapa seri lalu, mulai banyak bermunculan sanjungan terhadap rookie Repsol Honda yang tengah memimpin klasemen ini. Menurut Doohan, konsistensi Márquez terus-menerus finis di podium tak lepas dari kepercayaan diri yang diraihnya pada awal-awal musim ini.
 
"Saya tahu bahwa dia sangat cepat, tapi caranya memimpin balapan dan mempertahankan momentum sejak start hingga membuatnya punya koleksi kemenangan, benar-benar membawa kepercayaan dirinya ke level berikutnya," ujar Doohan.
 
"Saya rasa, tak semua orang tahu betul betapa tangguhnya dia, tapi saya pikir, penampilannya yang fantastis, sangat bagus buat MotoGP," tambahnya, sebagaimana disadur FullNoise, Selasa (15/10/2013).
 
Terkait aksi-aksi agresif Márquez yang cenderung nekat hingga sempat jadi bahan perbincangan negatif, Doohan tak merasa joki kelahiran Cervera dua dasawarsa silam itu terbilang di luar kendali.
 
"Anda harus punya control yang besar terhadap agresivitas, tapi saya tak melihat dia berada di luar batas kendali saat membalap. Buat saya, itu tak masalah," tambah juara dunia lima kali berturut-turut (1994-1998) itu.
 
Doohan juga tak ketinggalan angkat suara soal rider yang tempatnya di Repsol Honda saat ini diisi Márquez, Casey Stoner. Doohan merasa andai Stoner bersedia kembali dari masa pensiunnya, musim 2014 adalah saat yang tepat.
 
"Dia bisa kembali ke MotoGP paling cepat tahun depan jika dia bersedia. Dia masih tahu bagaimana caranya balapan dan dia juga masih sangat muda. Dia pembalap yang sangat berbakat, jadi segalanya masih mungkin. Paling lambat, tahun depan dan 2015 adalah saat yang tepat untuk kembali. Lebih dari itu, akan lebih sulit," tuntas Doohan.
(raw)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/15/38/881919/doohan-bicara-marquez-stoner