Rabu, 23 Oktober 2013

Bridgestone: Tahun Depan Harus Ada Tes Dulu

PHILLIP ISLAND – Problem ban yang mewarnai lomba MotoGP di Phillip Island, Australia akhir pekan lalu membuat Bridgestone mewacanakan tes di musim depan, sebelum pembalap turun di sirkuit tersebut.
 
Pasalnya, saat menuju Phillip Island, pihak Bridgstone belum mengetahui kondisi terbaru sirkuit, yang mempengaruhi performa ban para pembalap. Bridgestone pun tidak melakukan tes sejak, sirkuit dilapisi aspal baru.
 
Di penghujung waktu menjelang lomba, pengarah lomba (race directions) akhirnya memberlakukan aturan khusus, yaitu mengurangi jumlah lap menjadi 19, dan para pembalap wajib masuk ke pit pada putaran 9 atau 10, sebelum menyelesaikan lomba.
 
"Ini bukti dari kondisi di sirkuit Phillip Island. Kami harus melakukan tes di sini sebelum lomba pada Oktober tahun depan," ujar manajer motorsport Bridgestone, Shinji Aoki.
 
Pihak Bridgestone bakal melakukan lobi agar tes tersebut bisa dilakukan, sebelum lomba digelar. Tujuannya agar mereka memiliki data untuk mengembangkan model ban tertentu yang lebih cocok untuk
permukaan trek baru.
 
Di luar itu, dia merasa puas dengan solusi yang diambil untuk lomba di Phillip Island. Regulasi yang diterapkan, membuat lomba berjalan aman dan sekaligus menarik. "Tim dan pembalap menunjukkan fleksibilitas dan profesionalisme dalam beradaptasi dengan format lomba flag-to-flag, dan ini harus mendapat apresiasi," katanya.
 
 
(fit)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/23/38/885726/bridgestone-tahun-depan-harus-ada-tes-dulu