Selasa, 15 Oktober 2013

Akali Bobot Haluan, Smith Panjangkan Postur Motor

BORMES LES MIMOSAS – Usai event seri Sepang usai, sejumlah pembalap punya beragam keluhan terkait beban tangki bahan bakar yang terlalu berat dan mempengaruhi sistem pengereman di haluan (depan) motor, tak terkecuali Bradley Smith.
 
Menyongsong seri berikutnya di Phillip Island akhir pekan mendatang, joki Yamaha Tech3 ini ingin motornya punya bobot yang lebih pas di bagian belakang, guna menyeimbangkan beban di bagian depan motornya.
 
Salah cara untuk mengakalinya demi bisa menyeimbangkan bobot haluan dan buritan motornya, Smith bakal coba menambah panjang postur motor YZR-M1 miliknya, dengan menggunakan perangkat buritan baru.
 
"Saya harus mengatasi beban tangki bahan bakar ketika penuh. Kami membuat perkembangan tapi saya masih punya beberapa gagasan," ujarnya, sebagaimana dinukil Crash, Selasa (15/10/2013).
 
"Saya akan coba mentransfer beban ke buritan untuk kemudian bisa berakselerasi saat keluar dari tikungan. Saya akan menggunakan rear grip baru pada beberapa perangkat motor dan sedikit menambah panjang motor di sana-sini," lanjut Smith.
 
Di sisa tiga seri terakhir, Smith ingin menampilkan kesan terbaik setelah semusim ini, belum juga bisa sekalipun menginjak tangga podium. Di GP Malaysia sebelumnya, Smith harus puas finis ketujuh.
 
Meski begitu, Smith bisa sedikit puas lantaran bisa bersaing dan tak membalap sendirian, setelah terus-menerus menguntit rekan setimnya, Cal Crutchlow dan Álvaro Bautista, yang juga dimanfaatkannya sebagai titik fokus melahap berbagai sektor trek Sepang.
 
"Saya tak merasa sendirian saat balapan (di Sepang) karena saya masih bisa mengikuti Cal dan Bautista di depan saya. Itu memberikan saya dorongan dan titik fokus karena saya tak bisa melihat keseluruhan lay-out treknya," sambungnya.
 
"Tapi saya kehilangan kecepatan di awal balapan seperti yang seharusnya. Motor saya memang perlahan berkembang, tapi masih ada kekurangan karena saya tak bisa menyaingi Cal ketika dia melewati saya. Tapi melihat (catatan) waktu lap, saya cukup dekat dengannya," tutup pembalap asal Inggris berusia 22 tahun itu.
(raw)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/15/38/881846/akali-bobot-haluan-smith-panjangkan-postur-motor