Selasa, 15 Oktober 2013

5 Joki Penyedot Perhatian di Sepang

JAKARTA – Seri Sepang GP Malaysia memang sudah berlalu dua hari silam. Tapi setidaknya ada lima joki pacuan kuda besi sedari level Moto3 hingga MotoGP, yang masih lekat lantaran menyedot perhatian besar.

Tentu publik penikmat MotoGP sudah dengar tentang eksistensi Ana Carrasco. Rider wanita itu punya spotlight di momen debutnya. Kemudian tentu saja semua orang kenal betul jika sudah menyinggung duo Honda, Marc Márquez dan Daniel Pedrosa.

Tapi bagaimana dengan Tito Rabat dan Miguel Oliveira. Mungkin terkait Rabat, samar-samar nama itu mulai sering dikenal, namun soal Oliveira? Untuk lebih tahu di mana uniknya sorotan terhadap lima joki itu, berikut uraian lima pelakon highlight GP Malaysia lalu, yang dirangkum dari berbagai sumber:

Ana Carrasco (Moto3 – KTM Calvo)
Kehadiran Ana Carrasco dengan capaiannya di Sepang lalu, menambah daftar catatan sejarah. Ana jadi pembalap wanita pertama yang mampu mencetak poin dalam 13 tahun terakhir. Ana finis di urutan ke-15 dan membawa pulang sebiji poin buat timnya, KTM-Calvo di kelas terendah.

Padahal sejak sesi kualifikasi, Ana didera masalah pada cedera Achilles pada tumitnya hingga hanya bisa menempatkan diri di starting-grid ke-19. Hasil satu poin dari GP Malaysia juga sedikitnya bisa jadi pengobat segenap tim ketika rekan setimnya, Maverick Viñales, gagal mengamankan gelar musim ini lantaran terlempar dari tangga podium.

Marc Márquez (MotoGP – Repsol Honda)
Rookie yang satu ini seperti tak ada habisnya mencuri perhatian dari seri ke seri. Sebelumnya di sesi kualifikasi, Márquez tampil berani – tak seperti debutan pada lazimnya, dengan menerjang kencang meski kondisi cuaca tengah hujan ringan disertai angin.

Márquez pun merebut pole kedelapannya dan sempat bertarung sengit dengan kompatriot sekaligus rivalnya dari Yamaha Factory, Jorge Lorenzo. Di akhir balapan, Márquez finis di belakang seniornya, Daniel Pedrosa.

Daniel Pedrosa (MotoGP – Repsol Honda)
GP Malaysia akhir pekan lalu buat Dani Pedrosa hanya satu – penebusan kegagalan usai kecelakaan di Aragon. Pedrosa tampil fantastis di tiga sesi latihan meski di kualifikasi sempat direbut yunior serta pelaku kecelakaannya di seri Alcañiz, Marc Márquez.

Masih menyiratkan dendam yang tak serta-merta diperlihatkannya secara harfiah, Pedrosa tampil mengesankan sejak awal hingga akhir lomba. Padahal, seperti diketahui sebelumnya, Pedrosa masih belum prima dari cedera pinggul.

Tito Rabat (Moto2 – Kalex Tuenti HP 40)
Jika ingin tahu siapa joki yang punya catatan paling sempurna di GP Malaysia lalu, ini dia – Tito Rabat dari kelas Moto2. Rider bernama lengkap Esteve "Tito" Rabat Bergada ini jadi manusia tercepat kelas Moto2 di semua sesi Sepang, baik sesi latihan pertama, kedua, ketiga, kualifikasi hingga balapan.

Miguel Oliveira (Moto3 – Mahindra Racing)
Ini dia yang bisa dibilang paling fenomenal di Sepang lalu. Bak cerita pahlawan di berbagai film, rider Mahindra Racing ini tampil percaya diri di grid keempat. Tapi Oliveira sempat terpuruk dahulu – bahkan sampai ke urutan nyaris paling buncit.

Entah apa yang menyebabkannya melakukan start buruk hingga Oliveira, terjerembab ke posisi 28. Di urutan paling belakang, tinggal menyiskan Juanfran Guevara. Tapi perlahan Oliveira bangkit dan malah sanggup merampungkan lap pertama di urutan ke-13!

Sepanjang sesi race berjalan, Oliveira tak henti-hentinya menyalip para rider di depannya sampai mentok di belakang Alex Rins dan pemuncak podium Luis Salom. Capaian rider tercepat ketiga di kelas Moto3 itu juga jadi podium pertama buat timnya sejak awal musim.
(raw)


source : http://sport.okezone.com/read/2013/10/15/38/881912/5-joki-penyedot-perhatian-di-sepang