Kamis, 19 September 2013

Si Penghancur Rahang Muhammad Ali Tutup Usia

PHOENIX – Petang tadi dunia tinju kembali kehilangan salah satu legendanya. Ken Norton mangkat di usianya yang ke-70 setelah mengalami gagal jantung. Sejumlah pihak pun berduka, mulai dari mantan manajernya, dewan tinju dunia (WBC) sampai si leher beton, Mike Tyson.
 
Norton memang sudah sakit-sakitan beberapa tahun belakangan ini dan sempat mengidap penyakit stroke, setahun silam. Tapi Norton kembali jatuh sakit mulai tiga hari lalu dan hanya dirawat di sebuah fasilitas klinik sederhana di Phoenix, Arizona.
 
"Beritanya belum lama saya ketahui. Ken mengalami gagal jantung dan meninggal dunia. Dia sempat pulih dari penyakit stroke setahun lalu. Saya amat syok ketika istrinya menelefon dan mengatakan bahwa dia telah tiada," ujar Patrick Tenore, mantan manajer Norton, seperti dikutip Mirror, Kamis (19/9/2013).
 
Sepanjang kariernya di kelas berat, Norton yang juga mantan juara versi WBC itu memijak puncak popularitasnya di tahun 1973 silam. Tepatnya ketika mengalahkan si legenda hidup, Muhammad Ali dalam pertemuan pertama mereka.
 
Tak hanya merebut gelar kelas berat NABF dari pinggang Ali, tapi mendiang yang lahir di Jacksonville 9 Agustus 1943 itu juga sempat menghancurkan rahang Ali. Dari laga itulah Norton mendapat julukan The Jaw Breaker. Norton terlibat dua rematch berikutnya dengan Ali yang sayangnya, menelan dendam Ali.
 
WBC yang selalu respek terhadap Norton dan pernah dimasukkan hall of fame mereka, melontarkan ucapaan dukanya yang mendalam," WBC berduka atas meninggalnya mantan juara kami, Ken Norton. Semoga mendiang istirahat dengan tenang," tulis pernyataan resmi WBC.
 
Tyson juga tak ketinggalan menghaturkan ungkapan duka cita melalui akun twitter pribadinya, @MikeTyson,: "Hari ini, seorang figur yang hebat telah meninggal. Seorang legenda tinju dunia dan seorang dengan pribadi yang baik. Ucapan belasungkawa dari saya untuk keluarga di hari yang menyedihkan ini," kicau Tyson.
(raw)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/09/19/41/868878/si-penghancur-rahang-muhammad-ali-tutup-usia