Selasa, 17 September 2013

Pirelli Ogah Dianggap Penyebab F1 Membosankan

MILAN – Distributor tunggal ban Formula One (F1), Pirelli tak terima dianggap sebagai penyebab kompetisi jet darat ini terlihat membosankan. Menurut direktur Pirelli, Paul Hembery tidak ada kaitannya konstruksi yang dirancang oleh timnya membuat F1 kembali didominasi oleh Red Bull dan Sebastian Vettel.
 
Sudah 12 seri balapan F1 digelar tahun ini, tercatat 50 persen dimenangkan oleh pembalap asal Jerman tersebut untuk kategori pembalap. Vettel pun kini memimpin dengan 222 poin, atau unggul 55 poin dari peringkat kedua, Fernando Alonso yang memperkuat Ferrari.
 
Sedangkan untuk kategori konstruktor, berdiri pabrikan asal Austria, Red Bull yang telah mengumpulkan 362 poin, unggul jauh 114 poin dari Ferrari. Tentu dengan hasil ini dan race yang tinggal tujuh seri saja, bukan tak mungkin Red Bull dan Vettel keluar sebagai pemenang tahun ini.
 
Dengan begitu, 'kesuksesan yang tidak diinginkan' ini bisa mengulangi torehan mereka musim lalu, di mana Red Bull dan Vettel juga keluar sebagai juaranya. Banyak pengamat yang menyangka, perubahan ban yang dilakukan Pirelli telah merusak balapan.
 
"Saya pikir di GP Jerman dan Hungaria merupakan dua race terbaik yang pernah ada. Jadi saya pikir (kritikan) itu hanya omong kosong," ucap Hembery, seperti dilansir Yahoosports, Selasa (17/9/2013).
 
"Pada akhirnya, Red Bull merupakan juara pada tahun sebelumnya, (kami pun mengubah ban), dan kini mereka tetap memimpin pada kompetisi musim ini. Kami juga melakukan sedikit perubahan, namun Red Bull telah melakukan pekerjaan yang fenomenal, dan Sebastian (Vettel) begitu hebat," ucapnya.
 
"Meski begitu, dia tetap memiliki masalah saat balapan di Italia, seperti di tugas pertama ketika melewati tikungan pertama yang mungkin para pembalap muda, tak bisa menaklukkannya,"sambungnya.
 
Hambery juga mengatakan Vettel memang merupakan petarung hebat di sirkuit, jadi tidak ada salahnya jika dia kini kembali berada di puncak klasemen. "Dia menang karena dia adalah pengemudi yang sangat baik. Terserah apa kata orang lain," tegasnya.
(fir)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/09/17/37/867287/pirelli-ogah-dianggap-penyebab-f1-membosankan