Sabtu, 28 September 2013

Pirelli Masih Jadi Pemasok Ban F1 Musim Depan

PARIS – Federation Internationale de l'Automobile (FIA) memberikan lampu hijau kepada Pirelli untuk melanjutkan kerja sama sebagai pemasok ban tunggal untuk gelaran Formula One musim depan.

Pengumuman resmi soal kelanjutan kerja sama FIA dengan Pirelli memang belum bisa dikonfirmasi. Namun, pihak FIA menegaskan bahwa pabrikan ban asal Italia tersebut kemungkinan akan kembali jadi supplier tunggal untuk balapan F1 musim 2014.

Kabar yang beredar, Pirelli dan FIA telah mencapai kesepakatan untuk lima tahun ke depan. Pirelli juga kabarnya mendapat dukungan dari pemegang hak siar dan 11 tim yang berlaga untuk jadi pemasok tunggal ban F1, meski menurut 'concorde agreement' keputusan pemilihan pemasok ban akan dilakukan dengan cara menggelar tender.

"Salah satu aspek penting dari Concorde Agreement 2013 adalah prosedur tender baru untuk menunjuk pemasok ban tunggal, dan kategori bahan bakar kategori untuk kejuaraan balap mobil di bawah naungan FIA," tutur Presiden FIA, Jean Todt sebagaimana dikutip Autosport, Sabtu (28/9/2013).

"Dalam proses baru ini, FIA akan jadi organisasi yang menggelar tender. Pemegang hak siar akan berhak untuk menjalankan negosiasi komersial dengan pemasok potensial, dengan maksud untuk pemasok tunggal yang dipilih secara resmi ditunjuk oleh WMSC," sambungnya.

"Dalam rangka untuk menutupi masa transisi dan mempertimbangkan kontrak yang sudah diselesaikan oleh FOM dan tim dengan Pirelli, hari ini WMSC menegaskan bahwa Pirelli dapat terus memasok ban untuk pesaing di kejuaraan F1, dan mereka siap memenuhi standar teknis dan keselamatan yang diperlukan FIA," tandasnya.

Musim ini, Pirelli memang sempat mendapat kritikan dari sejumlah tim. Pabrikan ban asal Italia ini dinilai kurang memberikan ban yang sesuai standar keamanan. Hal ini merujuk pada terjadinya insiden pecah ban di beberapa seri. Meski demikian, beberapa tim lain menyebut ban yang disediakan Pirelli cukup andil dalam membuat persaingan jadi menarik, terutama dalam menerapkan strategi pergantian ban. (acf)


source : http://sport.okezone.com/read/2013/09/28/37/873300/pirelli-masih-jadi-pemasok-ban-f1-musim-depan