Rabu, 25 September 2013

Kendaraan Dilarang Masuk Venue, Wartawan Demo

PALEMBANG – Puluhan wartawan yang meliputi wartawan Media Elektronik dan cetak baik lokal dan nasional melakukan aksi unjuk rasa didepan pintu masuk Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Palembang, Rabu (25/9/2013) terkait pelarangan kendaraan wartawan memasuki area GSJ lokasi venue Islamic Solidarity Games (ISG) III.
 
Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Sumatera Selatan (Sumsel), yang juga kordinator aksi mengatakan, aksi yang dilakukan pihaknya tersebut disebabkan sulitnya akses untuk masuk ke area pertandingan untuk peliputan ajang ISG yang berada di komplek GSJ.
 
"Kendaraan kita dilarang masuk oleh pihak keamanan yang berjaga-jaga di pintu masuk, dengan alasan tidak memiliki stiker resmi dari Panitia yang menempel dikaca depan mobil," ungkap Ardhiansyah Nugraha dalam orasinya.
 
Dia menambahkan, beberapa wartawan yang membawa kendaraan roda dua juga dilarang memasuki kawasan tersebut sehingga sulit untuk melakukan peliputan dari venue satu ke venue pertandingan lainnya yang jaraknya cukup jauh.
 
"Teman-teman kita dari media lokal yang membawa motor juga dilarang masuk oleh pihak keamanan sehingga mereka tidak bisa melakukan peliputan ke setiap venue pertandingan. Ini merupakan bentuk penghambatan terhadap tugas jurnalistik," lanjutnya.
 
Dalam aksinya, puluhan wartawan tersebut melakukan aksinya dengan menggantungkan semua ID card pers peliputan ISG didepan pagar gerbang pintu masuk komplek olahraga GSJ.
 
Sementara itu, Brigadir Marbun salah petugas keamanan yang berjaga mengatakan, hal ini dilakukan karena perintah dari atasan agar kendaraan bermotor untuk tidak memasuki area pertandingan. Dia juga mengungkapkan bahwa tidak ada larangan untuk kendaraan media yang akan meliput di area komplek Olahraga Jakabaring.
 
"Memang untuk kendaraan bermotor bagi penonton umum dilarang masuk diarea pertandingan. Namun bagi kendaraan teman-teman media tidak ada larangan, ini hanya salah paham saja," pungkasnya.
(hmr)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/09/25/43/871890/kendaraan-dilarang-masuk-venue-wartawan-demo