Jumat, 27 September 2013

GP Aragon dalam Angka

JAKARTA – Sore hingga malam hari ini, Grand Prix Aragón resmi menggelar seri ke-14 dari 18 balapan yang terjadwal tahun ini dan di tiga hari akhir pekan ini (sesi latihan pertama dan kedua), tak hanya memunculkan angka 25 dalam hal capaian poin tertinggi buat si pemenang.
 
Sejatinya masih banyak momen dan fakta yang berhubungan dengan angka di seri Alcañiz ini, mulai dari para joki kelas tertinggi MotoGP, hingga Moto3 yang untuk kali pertama, akan menghadirkan dua rider wanita. Berikut sejumlah fakta di GP Aragon yang terangkum dalam angka dari berbagai sumber:
 
2 – Aragón menjadi satu dari dua sirkuit (bersama Austin) yang sampai saat ini belum mampu menghadirkan satu pembalap Yamaha pun sebagai pemenangnya di kelas MotoGP
 
2 – Pertama kali Aragon menggelar MotoGP tiga tahun silam, untuk kali terakhir itulah dua rider Ducati mampu finis di podium dengan mencatatkan nama Casey Stoner di podium utama dan Nicky Hayden di tempat ketiga. Hingga saat ini, belum pernah sekalipun sepasang pembalap asal pabrikan Ducati itu mampu naik podium bersamaan.
 
2 – Pada GP Aragón tahun ini, María Herrera Muñoz akan tampil untuk pertama kalinya sebagai pembalap wildcard Moto3. Kehadiran Maria (bersama Ana Carrasco) itu mencetuskan momen pertama sejak GP Spanyol 1994 (Daniela Tognoli dan Tomoko Igata) silam, di mana susunan grid akan diramaikan sepasang paras jelita.
 
3 – Aragón merupakan salah satu dari tiga seri yang belum pernah dimenangkan sang juara bertahan, Jorge Lorenzo di semua kelas; dua seri lainnya adalah Sachsenring dan Austin yang jadi sirkuit ketiga di Amerika Serikat dan merupakan seri tambahan baru musim ini.
 
3 – Dengan gagalnya Yuki Takahashi yang gagal tampil di Misano lalu, berarti hanya tinggal ada tiga pembalap (Scott Redding, Dominique Aegerter, Simone Corsi) di Aragon nanti yang masih mempertahankan rekor 100 persen mampu menjalani tiap seri di kelas Moto2 sejak diperkenalkan tiga tahun lalu.
 
4 – Tiga pembalap senegara, Jorge Lorenzo, Daniel Pedrosa dan Marc Márquez, akan tampil di Aragón sebagai tiga kompatriot pertama sepanjang sejarah yang sanggup menguasai podium di empat seri sebelumnya di kelas premier
 
4 – Valentino Rossi datang ke Alcañiz akhir pekan ini dengan catatan finis di posisi keempat pada empat seri sebelumnya. Catatan yang memang kurang positif ini menjadikannya joki kedua di kelas MotoGP setelah Ron Haslam juga mencapai torehan serupa pada 1984 (500cc) silam.
 
16 – Angka 16 di GP Aragón ini jadi milik tim KTM dengan mendengungkan 16 kemenangan berturut-turut yang dicapai para joki KTM pada 16 seri terakhir Moto3. Rekor ini jadi yang tertinggi ketiga di kelas terendah di bawah Honda yang pernah mencapainya pada musim 1992/93 (17 kemenangan) dan musim 1990/91 (19 kemenangan beruntun).
 
25 – Nicolás Terol (Mapfre Aspar Moto2) merayakan ulang tahun yang ke-25, tepat pada pada hari pertama sesi latihan hari ini.
 
28 – Tepat pada sesi lomba GP Aragón hari Minggu mendatang, Daniel Pedrosa akan resmi menginjak usianya yang ke-28 tahun.
 
43 – Pada hari pertama sesi latihan seri Alcañiz hari ini, merupakan momen 43 tahun debut Barry Sheene di pentas MotoGP dengan menjalani balapan perdananya di sirkuit jalanan Montjuic, Barcelona, dengan menunggangi tim Suzuki Stuart Graham.


71 – Bradley Smith menjelang seri ke-14 ini dengan modal 71 poin dari 13 seri sebelumnya di kelas premier yang sekaligus, menjadi pembalap Inggris dengan poin tertinggi di masa debut sejak James Toseland yang pernah merangkum 105 poin pada 2008 silam.
(raw)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/09/27/38/873105/gp-aragon-dalam-angka