Sabtu, 21 September 2013

DIY Gagal Capai Target

YOGYAKARTA - Kontingen Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) gagal mewujudkan target dalam Pekan Olahraga Pelajar (Popnas) XII/2013. Dari delapan emas yang dibidik, hanya mendulang enam emas. Selain enam emas, DIY juga mengoleksi empat perak dan delapan perunggu dalam even tersebut.
 
Empat dari enam medali emas DIY disumbangkan dari cabang panahan serta masing-masing satu emas dari cabang bola voli pasir putri dan taekwondo. Dengan raihan itu, Kontingen DIY harus puas duduk di posisi ke-12 dari 33 konstestan. Posisi ini juga melorot dibanding even sebelumnya yang nangkring di posisi ketujuh klasemen akhir.
 
Ketua Kontingen DIY Latanggang mengatakan, sebenarnya target yang dibebankan sebanyak delapan medali emas dianggap realitistis. Namun, kenyataannya hanya mampu mengoleksi enam medali emas saja.
 
"Ada sejumlah cabang yang ditargetkan dapat emas, tetapi ternyata meleset. Bola pasir putra yang ditargetkan dapat emas, ternyata belum berhasil. Taekwondo yang ditarget dapat emas, hanya satu emas," kata Latanggang, Sabtu (21/9/2013).
 
Namun, ada juga cabang yang tidak dibebankan mendapat medali emas justru bisa meraih medali emas. "Secara umum target memang tidak tercapai. Namun, Kontingen DIY juga memiliki kejutan seperti bola pasir putri yang sebelumnya tidak ditarget dapat emas, malah dapat emas. Ini bisa menjadi obat karena bola voli pasir putra gagal meraih medali emas," jelasnya.
 
Kepala Disdikpora DIY, Baskara Aji menambahkan, di ajang ini Kontingen DIY berlaga di 18 cabang olahraga. Dari jumlah tersebut, ternyata hanya tiga cabang (panahan, taekwondo dan bola pasir) yang sukses meraih medali emas. Sisanya hanya dapat medali perak, perunggu bahkan yang tidak dapat medali sama sekali.
 
Menurut dia, sejumlah cabang olahraga yang belum berhasil membawa pulang medali antara lain dayung, tinju, senam, sepak takraw dan lainnya. Dia mengakui, sejumlah cabang tersebut sejauh ini belum tergali potensi sehingga hasilnya juga belum memuaskan.
 
"Cabang-cabang tersebut menjadi milik daerah lain karena mampu menggali potensi yang dimiliki," ungkapnya.
 
Namun, Baskara mengatakan, capaian Kontingen DIY di Popnas XII ini tidak begitu mengecewakan. "Target delapan emas namun hanya teraliasi enam emas, bukan capaian yang mengecewakan. Semoga di eveng selanjutnya Kontingen DIY bisa berprestasi lebih baik," pintanya.
(Ridwan Anshori/Koran SI/rin)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/09/21/43/869804/diy-gagal-capai-target