Rabu, 25 September 2013

Dikalahkan Palestina, Indonesia Tetap Lolos ke Semifinal

PALEMBANG – Timnas Indonesia U-22 harus mengakhiri babak penyisihan Grup B dengan mengalami kekalahan atas Palestina 1-2. Kendati begitu, Garuda Muda tetap lolos ke babak semifinal menghadapi Turki, lantaran memiliki selisih gol lebih baik dari The Fighter-julukan Palestina.
 
Setelah mengemas kemenangan di laga perdana melawan Maroko, skuad Timnas U-23 yang diarsiteki oleh Rahmad Darmawan (RD) membidik kemenangan kedua, saat bersua Palestina. RD pun memasang Fandi Eko Utomo sejak menit awal, di mana pada laga pertama pemain Arema Malang itu bertindak sebagai pemain cadangan.
 
Jalannya pertandingan:
Awal pertandingan babak pertama, Indonesia langsung menekan pertahanan Palestina yang dimotori oleh Oktovianus Maniani. Sementara Palestina sesempat mungkin melakukan serangan meski tak membahayakan.
 
Menit ke-11, Indonesia melalui Fandi Eko Utomo melakukan penyisiran dari sisi kanan pertahanan Palestina, dan melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, sayang bola sepakannya masih membentur mistar gawang Palestina.
 
Ashraf Waghra menciptakan gol perdana bagi Palestina, sekaligus membawa timnya unggul 1-0 atas tuan rumah. Tendangan bebasnya sekitar dua meter di depan kotak penalti lawan, tak bisa digapai oleh kiper Indonesia yang dikawal oleh Andritany Ardhiyasa.
 
Indonesia mampu menyamakan kedudukan ketika Tamer Seyam menjegal Fandi di kotak terlarang Palestina pada menit ke-29. Sunarto yang mengambil eksekusi penalti tak menyia-nyiakannya untuk menghasilkan sebuah gol penyeimbang. Kedudukan pun berubah menjadi 1-1 bagi kedua tim.
 
Setelah keadaan berimbang, kedua tim coba menciptakan peluang. Namun, skor tetap tak berubah hingga turun minum.
 
Di babak kedua, tepatnya pada menit ke-63 malapetaka menimpa Timnas U-23 kita, ketika Alvin Ismail Tuasalamony melakukan kesalahan di kotak terlarang, ketika tangannya menyentuh bola. Sang eksekutor, Ashraf dengan tenang menjebol gawang Andritany untuk membuat Palestina unggul 2-1.
 
Usai tertinggal, Indonesia semakin gencar melakukan serangan, baik Sunarto dan juga pemain pengganti, Andik Vermansyah melakukan sodoran dari dua sayap. Namun belum bisa mencetak gol penyeimbang.
 
Berbagai peluang diciptakan namun tak ada satu pun gol yang tercipta. Palestina yang sudah unggul atas Indonesia juga tak henti menciptakan gol, demi bisa mengejar selisih gol mereka. Namun skor akhir 2-1 tetap untuk kemenangan Palestina.
 
Meski mengalami kekalahan, tapi Indonesia lah yang lolos ke babak semifinal menghadapi Turki, lantaran memiliki selisih gol lebih baik. Timnas Garuda kita memiliki selisih gol 2-2, sedangkan Palestina, hanya memiliki selisih gol 3-4 dengan poin yang sama yaitu tiga angka. Timnas Garuda bakal menemani Maroko yang menjadi juara grup B.
(fir)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/09/25/43/871973/dikalahkan-palestina-indonesia-tetap-lolos-ke-semifinal