Rabu, 11 September 2013

Bonus Uang Dipotong Pajak, Nadal & Serena Pasrah

NEW YORK – US Open tahun ini menghadirkan rekor tersendiri terkait bonus atau hadiah uang utama bagi pemenang. Baik di kategori putra maupun putri, hadiah uangnya mencapai angka tertinggi, USD 3,6 juta. Namun sayangnya angka sebegitu besarnya tak semua bisa masuk kantong sang juara.
 
Rafael Nadal yang mengklaim Grand Slam ke-13 di US Open tahun ini dengan mengalahkan Novak Djokovic, mengaku tak bisa sepenuhnya bisa menikmati hadiah uang tersebut lantaran mesti dipotong pajak negaranya yang mencapai lebih dari 50 persen.
 
"Hadiah uang (tinggi) itu bagus buat olahraga. Ajang olahraga jadi makin besar dan memang benar ada jumlah yang yang besar pula. Saya hanya bisa berterimakasih pada US Open tentang peningkatan (bonus) di olahraga kami," ujar Nadal, seperti dinukil DailyMail, Rabu (9/11/2013).
 
"Namun pada akhirnya, uang banyak itu bukan sebenar-benarnya hadiah uang. Anda harus membayar pajak dan di Spanyol hari ini, saya rasa (pemotongannya) mencapai 56 persen. Itu jumlah yang banyak, lebih dari separuh dan terlebih pemotongan itu dalam mata uang euro," lanjutnya pasrah.
 
Nada serupa juga sedianya dialami Serena Williams yang di partai puncak, mengandaskan teman akrabnya, Victoria Azarenka. Serena juga mendapat hadiah uang dengan jumlah sama dengan Nadal. Tapi pajak jadi momok lagi di mana Serena mesti merelakan separuh bonus turnamen itu untuk "Paman Sam" – sebutan Amerika Serikat.
 
"Seseorang bilang pada saya kekayaan saya mencapai USD50 juta, tapi setengahnya itu milik Paman Sam. Saya mencintainya. Saya selalu memberikan setengah uang saya," timpal Serena dengan nada sinis.
 
Kendati begitu, Serena sudah tak pernah lagi memikirkan soal uang setelah kariernya mencapai puncak, beberapa tahun silam. Kini, Serena hanya bermain demi gelar, terutama yang berkelas Grand Slam – bukan lagi soal mengumpulkan dolar demi dolar.
 
"Seumur hidup saya tak pernah menerima sebuah cek. Saya tak bermain tenis untuk uang. Saya senang bisa main di Grand Slams. Saya rasa, Ayah saya memang mendukung saya di tenis karena uang. Tapi saya secara naif berani berkata bahwa saya tak pernah memikirkan uang," tutupnya.
(raw)
source : http://sport.okezone.com/read/2013/09/11/39/864364/bonus-uang-dipotong-pajak-nadal-serena-pasrah